SEKILAS INFO
23-07-2021
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website SMP Katolik Santo PaulusĀ  Palangka Raya
OSIS SMP Katolik Santo Paulus

SMP Katolik Santo Paulus membanguan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang ditata secara terarah dan teratur. Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain yaitu: latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala.

Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS di SMP Katolik Santo Paulus sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan. Sebagai salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan, fungsi OSIS adalah:

  • Sebagai Wadah

Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.

  • Sebagai Motivator

Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

  • Sebagai Preventif

Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.

Dampak OSIS Bagi Siswa

Pengurus adalah seluk beluk yang berhubungan dengan tugas pengurus (KBBI), dengan pernyataan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa kepengurusan adalah pengurus yang berada didalam organisasi yang memelihara sebuah organisasi untuk lebih memajukan kinerja organisasi tersebut.

Dengan mengikuti kepengurusan OSIS di SMP MKatolik Santo Paulus, maka di dalam diri siswa akan tertanam sikap untuk menjadi seorang pemimpin. Untuk menjadi seorang pemimpin tersebut yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang siswa adalah mempunyai rasa tanggung jawab. Rasa tanggung jawab ini akan muncul apabila ada unsur paksaan. Unsur paksaan ini bersifat positif guna untuk menumbuhkan tanggung jawab didalam diri seorang siswa.

Kalau sudah tumbuh rasa tanggung jawab dalam diri siswa, maka siswa tersebut dapat dikatakan sebagai seorang pemimpin. Karena untuk menjadi seorang pemimpin selain mempunyai sekil dan kemampuan, seorang pimimpin juga harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya.

Dampak yang ditimbulkan dari mengikuti kepengurusan OSIS di SMP Katolik Santo Paulus:
1) Menambah rasa percaya diri
2) Meningkatkan rasa kebersamaan
3) Memiliki banyak pengalaman
4) Cepat menemukan problem solving dalam menghadapi permasalahan
5) Memiliki jiwa sosial yang tinggi
6) Banyak dikenal oleh warga sekolah maupun luar sekolah

Arsip

Kategori

Pengumuman

Pendaftaran Ulang Peserta Didik Kelas VIII dan IX Tahun Pelajaran 2020/2021

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru

Mars PMI (Padus SMP Katolik Santo Paulus Palangka Raya

Agenda